Lebaran Ketupat di Setu Babakan Jagakarsa

 

Lebaran ketupat merupakan perayaan setelah 7 hari pasca Idul Fitri, semacam merayakan syawalan. Biasanya dibuat dengan symbol hidangan ketupan, dan sudah menjadi budaya di Indonesia, khususnya di pulau Jawa. Tujuannya untuk untuk memberikan apresiasi bagi umat Islam yang sudah menjalankan puasa syawal dan puasa Ramadan.



Biasanya masyarakat merayakan lebaran ketupat dengan mengunjungi sanak saudara, menggelar pasar atau bazar untuk memeriahkan lebaran ketupan. Meski tidak semua masyarakat merayakan, tapi di tempat-tempat wisata tertentu ada yang memanfaatkan moment lebaran ketupat untuk mengadakan sebuah acara, seperti di Setu Babakan Jagakarsa.

Kebetulan nih, rumah saya yang sekarag dekat area wisata cagar budaya Betawi Setu  Babakan Jagakarsa, jadi begitu tahu akan diadakan lebaran ketupan pada tanggal 3-4 Juni 2022, langsung deh saya catat supaya tidak terlewatkan. Karena biar dekat, biasanya lupa efek kebanyakan aktivitas yang harus dikerjakan, hehehe.

Keseruan Lebaran Ketupat




Hari yang ditunggu tiba, lebaran ketupan di Setu Babakan Jagakarsa dimulai sejak pukul delapan pagi, sudah berjajar tenda-tenda putih, panggung pertunjukkan, dan tidak ketinggal sang maskot dari Betawi, yaitu ondel-ondel. Saya yang datang bersama suami, Mas Pijar dan Binar langsung memutuskan untuk keliling. Mba Lintang dan Abang Pendar di rumah saja, tidak mau ikut karena dua anak saya ini tidak suka keramaian.

Pengunjung yang datang gratis, kecuali membawa kendaraan baru diminta bayar tiket parker. Kendaraan motor bayar Rp 5000, kalau mobil saya  kurang tahu karena tidak mengamati. Untuk ke lokasi saya cukup berjalan kaki sekitar kurang dari 1 km.

Workshop Bikin Anak Ondel-Ondel

Di acara lebaran ketupat ini ada workshop anak ondel-ondel yang boleh diikuti anak-anak loh. Mereka diajakan dan melihat bagaimana proses membuat anak ondel-ondel, yang kerangkanya dari bambu dipipihkan, rambutnya dari ijuk. Cukup rumit juga kalau belum terbiasa, anak-anak saya tidak ikutan workshop membuat anak ondel-ondel, tapi langsung mainin ondel-ondel yang sudah jadi.



Selain ondel-ondel ada juga, workshop main alat musik Betawi seperti kenong, gambang, anak-anak bebas bermain dengan gembira. Binar malah sampai joget, kalau saya lebih suka foto-foto, maklum jiwa konten creator meronta, wkwkkwkw.

Kuliner Khas Betawi

Sebenarnya sih, tanpa ada acara lebaran ketupat di Setu Babakan banyak sekali dijual kuliner khas Betawi seperti kerak telor, toge goreng, dodol, kembang goyang, bir pletok, es kembang mayang. Hanya pada saat acara ini lebih meruah lagi, untuk harga-harganya standart. Kalau pun lebih mahal, naik sekitar 5000an.



Tapi ada yang menyita mata saya, karena di kios jual dodol, penjualnya langsung ngaduk dodol di situ loh. Dua laki-laki muda ngaduk dengan keringat berleleran, kebayang kalau jatuh ke wajah raksasa itu, dan pengunjung dibebaskan menyicip langsung dodol yang masih di wajan panas. Tentu saja nyicipnya pakai stick, jadi dodol tetap terjaga kebersihannya dan pengunjung tidak bisa  ngambil banyak, hehehe.


Lelah nia Abang pengaduk dodol

Panggung Lenong

Panggung di lokasi digunakan untuk pertunjukan nyanyi dan lenong khas Betawi, tapi karena sudah siang dan sedikit panas, saya memutuskan untuk jajan-jajan saja dan pulang. Karena pengunjungnya banyak sekali, dan jujur bawa Binar (3 tahun) saya masih ketar-ketir dengan kondisi pandemi yang belum hilang, meski sudah landai.

Jadi setelah puas jajan, keliling dari ujung ke ujung, saya memutuskan untuk mengajak suami dan anak-anak pulang. Kulineran yang kami  beli akan kami makan di rumah saja, ada dodol, kelapa muda, bir pletok, toge goreng, kerak telor. Senang juga bisa mengajak anak mengetahui tradisi Lebaran Ketupat.


You Might Also Like

10 komentar

  1. Ya ampuuuun aku kangen ih Ama kerak telor mba 😍😍. Udah lama banget dari trakhir makan kerak telor. Udh sering beli di Kemayoran, Krn kebetulan kantor di mangga dua , jadi sering lewatin. Sejak resign jadi ga pernah . Beneran ih JD pengen ke Setu Babakan ini, biar puas makan makanan khas Betawi ;)

    BalasHapus
  2. Tradisi lebaran ketupat ini banyak yg belum tahu apa saja dan bagaimana prosesinya. Senang nih kalau tradisi ini dipertahankan dan anak anak (juga dewasa) bisa datang langsung menyaksikan dan mengikuti berbagai aksi keseruannya.

    BalasHapus
  3. Wah serunya. Seluruh keluarga bisa bersenang-senang. Kelihatannya bersih ya? Semoga pengunjung nggak buang sampah sembarangan. Wah aku kalau main ke tempat kayak gini yg utama jajan wkwkwk

    BalasHapus
  4. seruuu banget ya Mbak, anak-anak jadi bisa belajar khas Betadi, dari tradisi, alat musik bahkan kulineran lengkaaap banget deh ya.
    anyway, serius deh bayangin keringat yg ngaduk dodol itu jatuh ke wajan, duuuhh menambah rasa deh ya :p

    BalasHapus
  5. lebaran ketupat yaaa mba.. keren dan asyik nih tradisinya. Yang pasti banyak yang menikmati dan kita harus jaga dan lestarikan yaaa

    BalasHapus
  6. Seru bener syawalannya mbak. Jadi pengen ikutan di bagian bikin ondel-ondelnya.
    Di Lombok, syawalan juga ramai bener. Malah jadi acara pariwisata rutin tahunan.

    BalasHapus
  7. Seru banget yaa...merayakan Lebaran Ketupat.
    Dan amazing, masak dodol itu memang semerana itu.. Dengan kerja keras dan stamina oke, maka jadilah makanan yang bisa dinikmati bersama.

    BalasHapus
  8. Acara Lebaran Ketupat seperti ini seru juga ya, apalagi bawa anak-anak. Di sini jadi kenal budaya juga. Aku fokus ama foto kerak telornya, jadi pengen juga. Hehehehe. Di Bandung ngga ada acara seperti ini, sayang banget.

    BalasHapus
  9. Wah baru tahu nih ada lebaran ketupat. Pastinya seru banget ya. Belum pernah ke Jawa jadi belum pernah menyaksikan tradisi seperti ini. Belum pernah juga cobain kerak telor. Jadi penasaran sama rasanya.

    BalasHapus
  10. Mbaaa mau dong jadwal acara di Setu Babakan. Ingin ajak anak main ke sana trus makan kerak telor

    BalasHapus

Top Categories