Mie Ayam Ijo di Kukusan Depok

 

Siapa yang suka mie ayam?

Mie ayam yang merupakan kuliner khas Tiongkok. Ups! Membahas kuliner khas Tiongkok sepertinya lidah saya ini cocok dengan makanan negeri satu itu ya, hehehe. Tapi setuju kan, kalau hampir semua warga +62 memfavoritkan mie ayam? Meski dulu saya sempat tidak suka mie ayam karena isinya cenderung lebih banyak mienya ketimbang dagingnya, saya lebih memilih bakso ketimbang mie ayam atau dikenal ‘pangsit’.

Tapi karena suami hobby makan mie ayam, dan suatu hari saya dapat mie ayam yang cocok di lidah. Maka sampai sekarang jadilah mie ayam salah satu kuliner favorit saya, tentu dengan catatan mienya benar-benar enak, tidak asal mie. Begitu juga dengan topping ayamnya, harus benar-benar daging ayam, buka daging yang dicampur jeroan, kepala ayam, dicacah.

Kalian pernah dapat topping mie ayam yang seperti itu? Saya pernah, duh rasanya bikin eneg. Jadi topping dagingnya itu aneka rupa bagian-bagian ayam, ada usus, kulit, leher, kepala, dan sedikit daging ayam saja. Saya lebih suka yang benar-benar daging ayam dipotong dadu atau kecil-kecil.

Selain itu ada juga yang mienya cepat melar, aromanya kurang enak, jadi kalau sudah agak dingin benar-benar nggak enak. Makanya saya kalau beli mie ayam harus benar-benar yang enak, dan rekomend. Kalau gak, dudududu…apaan yang mau dinikmati, karena kan memang mie ayam itu ya mie dan topping ayamnya harus yang nyummi.

Mie Ayam Ijo

Nah, saya mau cerita tentang mie ayam warna-warni nih, belum lama kebetulan diajak makan di sana sama temen SD, Wiwin, yang rumahnya tidak jauh dari lokasi penjual mie ayam itu, Kukusan-Depok. Tapi memang karena letaknya yang di area rumah, jadi teras dan garasi rumah dijadikan warung mie ayam gitu deh, membuat saya awalnya kebablasan alias nyasar, hehehe.

Kami janjian akan makan siang dengan mie ayam, saya bawa duo bocil, Pendar dan Binar, karena keduanya sangat suka mie dan Wiwin bilang mienya homemade, aman buat anak-anak. Jadi sekalian saya bawa anak-anak buat ikutan makan siang di sana. Oya, nama warung mie ayamnya ‘MIE AYAM IJO’.




Sampai di tujuan awalnya saya yang diantar suami, agak kebingungan dengan warung Mie Ayam Ijo, sempat bolak-balik, eh nggak tahunya ada di sebelah saya, hahaha. Asli, prang banget kalau lokasi menyatu dengan rumah tuh, mana panas-panas, huhuhu. Alhamdullilah, terobati dengan segelas air jeruk yang segar.

Suasana warung Mie Ayam Ijo cukup asri dan enak loh meski di halaman rumah, karena memang luas dan ditata asri. Entah karena pandemi atau belum banyak dikenal, suasana sepi hanya kami saja yang jadi pembelinya. Wiwin memilihkan duduk di area lesehan biar anak-anak aman.




Saya langsung memesan mie ayam pink buat anak-anak, mie ayam hitam buat saya. Saya penasaran saja sih, kayak apa rasanya mie hitam yang katanya pewarnanya dari arang bambu. Sementara Wiwin pesan mie ayam hijau yang warnanya berasal dari sawi, kalau pink katanya dari buah naga. Benar-benar sehat dong ya, warnanya aja alami.




Menunggu cukup lama sampai air jeruk yang kami pesan habis, maklum panas banget Depok. Akhirnya datang juga mie pesanan kami, langsung deh sibuk menyantapnya, tidak lupa pesan minuman lagi karena buat teman makan.

Gimana rasanya?

Menurut saya mienya cukup enak, tekturnya kenyal, topping ayamnya benar-benar daging ayam tanpa campuran, dan kuahnya kental banget. Juara deh kuahnya, bumbunya terasa lezat, bikin mie dan kuah tandas tanpa sisa. Sayang, porsinya memang tidak besar, hehehe. Dibandrol harga seporsi Rp 16.000, cukup murah.




Tempatnya juga lumayan buat ajak anak-anak atau teman yang sama-sama penyuka mie ayam. Selain lesehan, ada meja kursi dari kayu. Hanya kalau siang tidak rekomend ya, lebih nyaman lesehan. Sebab area meja kursinya terpapar matahari yang bikin panas, agak menganggu kalau pas siang hari dengan cahaya matahari yang cetar. Kalau pagi, sore atau malam sepertinya asyik duduk di situ.




Apakah saya akan balik lagi? Pengen sih, apalagi mie ayamnya aman buat anak-anak, bumbunya juga bukan yang perisa banget. Masih jarang kan, mie ayam yang dijual bebas tuh aman buat anak-anak.

Kalau kalian ingin mencoba Mi Ayam Ijo, bisa ke Kukusan, tepatnya di jalan masuk yang berdampingan dengan  Superindo Kukusan. Karena lokasinya menyatu dengan rumah, jadi harus memperhatikan plang Mie Ayam Ijo dengan seksama ya.

 

 

You Might Also Like

4 komentar

  1. Saya dong suka mie ayam, tp gak sembarang makan mie ayam, hehehe. Boleh nih coba rekomendasi mie ayam nya kalau ada rejeki ke sana

    BalasHapus
  2. Penasaraaaannn, pengen cobain juga. Sayang jauuhh. Kalo ke Kukusan Depok maulah mampir kesiniii, apalagi penggemar mie ayam sepertiku, gaboleh lewatin doong

    BalasHapus
  3. mbaaak.. ini yang sebelah superindo kukudan itukah?? Wah udh nyobain aja nih hehe.. aku udah lama pengen nyobain kalau habis belanja, tapi suka ragu karena sepi, jadi makin penasaran nih, besok cuss ah cobain hehe

    BalasHapus
  4. Aku pernaaaah dpt mie ayam yg topping ayamnya itu ada ceker dan kepala. Jujur langsung ilfil mba. Ga pernah suka kepala ayam.

    Aku tuh LBH suka kalo potongan ayamnya kecil2 juga atau dadu, daripada yg masih ada tulang. Males jadinya.

    Makanya mie ayam fav ku juga banyak. Krn memang susah nemuin mie ayam yg beneran enak. Lebih gampang nemuin bakso enak 😄.

    Ini kalo Deket udah aku sampirin mba 😅. Sayangnya di Depok. Kliatan enak sih dr foto. Dulu pernah makan mie ayam warna warni gini, yg bahannya dari sayuran. Di Bintaro tapi 😄. Suka siiih. Cocok buat yg ga suka sayur sebenernya kayak anak2.

    BalasHapus

Top Categories