Rasa dan Harga Laksa Bogor Mang Wahyu

 


Buat penyuka wisata kuliner, mungkin laksa Bogor Mang Wahyu ini sudah tidak asing lagi. Karena merupakan salah satu kuliner legendaris di Suryakencana Bogor atau Surken, diantara banyak kuliner legendaris lainnya.

Hayo, kuliner apa saja yang sudah kalian coba di Suryakencana? Bagaimana dari sisi rasanya?

Jujur, menurut saya beberapa kuliner legendaris di sana rasanya B saja, maksudnya biasa, hehehe. Seperti Nasi Goreng Pete Guan Tjo, menurut saya biasa saja. Lalu Toge Goreng Pak Iwon, menurut saya juga biasa saja. Tidak yang khas atau memiliki rasa berbeda dari yang pernah saya coba.

Kalau kata teman saya, di sini kita tidak membeli rasa. Mungkin jika membeli rasa masih banyak yang lebih enak, tapi di Surken kita membeli kenangan.

Ehmm, kata-kata teman saya itu betul banget. Ke Suryakencana jangan membanding-bandingkan dengan kuliner lain yang mungkin jauh lebih enak, tapi coba ajak ngobrol penjualnya. Mereka dengan lancar akan menceritakan dari tahun berapa kuliner yang mereka jajakan itu ada, termasuk harganya.

Toge Goreng Pak Iwon ini awal berdiri hanya berharga 500 rupiah, tentu saja jaman dulu ini lumayan ya, hehehe. Tapi buat kita makan sambil diceritain kenangan lalu, ditambah suasana kios yang memang sudah jadul. Bahkan terkesan kusam, membuat berkelana ke masa lalu.

Dimana Laksa Bogor Mang Wahyu?

Nah, buat kalian yang belum pernah mampir ke Laksa Bogor Mang Wahyu, kali ini saya mau kasih info, di sebelah mana sih lokasinya? Kayak apa sih tempat makannya? Karena kebetulan beberapa waktu lalu saya dan mama-mama cantik, Umi Alida, Umi Ade, Mama Nurul dan Mama Dian, jalan-jalan kulineran ke Surken.




Alhamdullilah, bisa terlaksana karena bertepatan pas hari libur sekolah. Tadinya saya mau bawa Mba Lintang dan Mas Pijar, tapi kedua anak saya itu kecapekan habis jalan-jalan ke mall malamnya, Mba Lintang juga baru pulang dari study tour Bromo-Bali-Jogya. Jadi deh yang bawa anak hanya Umi Alida.

Tujuan awal setelah turun di Stasiun Bogor, kita akan menikmati teh dan camilan di Kedai Es Teh   Jaya Abadi. Nanti deh di lain waktu akan saya tulis acara ngeteh dan ngemil saya di sana, pokoknya lumayan buat nongki bareng pasangan atau bestie, karena harga minumannya sampai camilannya murah buat ukuran café ya atau kedai. Saya  ngeteh susu plus ngemil roti Cuma 13 ribu saja.

Setelah dari Kedai Jaya Abadi, saya dan temen-temen meluncur ke Surken. Kalau dari Stasiun Bogor banyak angkot ke Surken, ongkosnya bayar 5000 rupiah. Tapi karena malas balik jalan ke Stasiun, saat itu sudah siang dan matahari sudah semakin moncer, kita menuju Surken naik taksi online deh. Kalau tidak salah  tariff yang dikenakan sekitar 35 ribu.

Sebenarnya bisa langsung turun depan Laksa Bogor Mang Wahyu, tapi kita  milih jalan-jalan dulu, dan biar seru tanya-tanya lokasinya deh, hehehe. Ternyata lokasinya tuh di Gang Aut yang dekat perempatan  mau ke arah Martabak Encek yang legendaris itu, tapi kita ambil yang kea rah ada pedagang es buah pala.

Jalan agak turun sedikit, lalu belok kiri, tidak pakai jauh, langsung deh ketemu Laksa Bogor Mang Wahyu alias Laksa Gang Aut. Tempatnya kayak biasa, kios kecil yang sudah lusuh, maklum sejak jaman baheula, hehehe. Tapi kita makan di seberang nya, ala ngemper di jalan gitu deh, buat saya sih mayan nyaman aja.

Rasa dan Harga Laksa Gang Aut

Ini pasti yang kalian tunggu-tunggu ya!

Soal rasa kali ini saya acungkan jempol 3 ya, alias enaaak banget. Saya sudah mencoba laksa dari yang tradisional sampai laksa Singapura, dan Laksa Bogor Mang Wahyu atau Laksa Gang Aut ini paling enak.

Satu porsi isinya ketupat, tauge segar, kemangi segar, tahu putih, telur rebus, oncom merah yang legit banget. Katanya oncom merah ini merupakan cirri khas laksa bogor, selain itu kuah kentalnya khas banget. Ini sih yang menurut saya bikin beda juga, jadi kuah santannya ditambah  parutan kelapanya yang sudah dibumbuin. Jadi kental gurih.




Saat dihidangkan ditambah topping kelapa sangria yang harum, kebayang gak rasanya? Sudahlah, kalian langsung meluncur saja ke sana, harga semangkuk yang  bikin kenyang ini dibandrol cuma 20 ribu saja.

Nah, jalan-jalan kulineran saya sama teman-teman tidak hanya ke 1-2 tempat loh. Ini ada perjalanan detilnya bersama Umi Alida Seharian Berburu Kuliner di Bogor. atau kalian bisa juga baca cerita Nurul Sufitri Berburu Kuliner di Bogor. Beuh, jangan sampai gak baca karena bisa jadi rekomendasi buat jalan-jalan cari kuliner legendaris lainnya di Bogor. So, tunggu cerita saya lainnya ya. Jangan lupa berkunjung kembali ke blog ini, terima kasih. 

Dokumen foto: Nurul, Alida, Ade


BTW, jangan lupa follow akun IG'nya

You Might Also Like

30 komentar

  1. Enak2. Saya jg doyan makan dan jalan2 nyari kuliner yg enak2.

    Salam dari Blogger Lombok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo salam kenal kembali ya, wah..jadi pengen kepoin nih apa saja makanan Lombok

      Hapus
  2. Asik beudsss, kulineran seseruan dgn circle mom bloggers ya mbaaaa

    Aku pun mau bgt wiskul ama.female bloger Jatim.
    Makasi idenya mbaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk mba. Seru mba jadi semangat juga buat jalan jalan. Apalagi happy happy bareng ya mbaa.

      Hapus
    2. Nahhh iya nih mba Alida

      Moga2 bs terlaksana...bukan wacana doang qkqkkqkqk

      Hapus
  3. Porsinya besar ya mba. Tahunya juga gede. Tapi khas juga rasanya. Bedanya aku pakai sambal tapi kurang pedas. Maklum, penggemar pedas. Makasih ulasannya mbaa

    BalasHapus
  4. Belum pernah makan laksa Bogor, jadi penasaran deh. Deket rumah cuma ada Mie Soto Bogor dan lumayan cocok di lidah. Ini, si harus kulineran ke Suryakencana.

    BalasHapus
  5. wah ada laksa Bogor, kalau laksa Tangerang nggak pakai oncom, kemangi. Terus tahunya nggak potongan besar gitu. Wah wah ini cita rasanya pasti beda lagi, aku jadi pengin cobain deh. Udah lamaa nggak ke Bogor. Seruu banget jalan bareng kesayangan ituu

    BalasHapus
  6. Seru banget..
    Kopdaran sambil makan Laksa Bogor yang legend. Ini kebayang ramenya pas makan.. Sembari curcol apa aja.. Huhu..asik asik~

    BalasHapus
  7. Nampak enak mbak, tapi rasa itu nggak enak kalau cuma dibayangkan ya, mesti cicecap lidah. Oke deh saya catat dulu infonya, kalau mau makan laksa enak di Bogor tuh ke Mang Wahyu.

    BalasHapus
  8. Wah, kalau rekomendasi laksa Bogor Mang Wahyu ini sudah pakai vokal uenaaaaakkk banget, aku bisa membayangkan kelezatannya.

    Apalagi dinikmati bareng bestie, tambah nikmat ya!

    BalasHapus
  9. Wah kapan nih mba kulineran di Bogor, aku liburan di Bogor dua Minggu lain kali janjian yuk kalau pas liburan hehe laksa Gang Aut memang endeus, siomay di terminal DAMRI botani square juga enaak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss, atuh Dewwww..aku juga ketagihan sama somay di depan Botani Quare itu, ampun enak banget. Seporsi 20k udah bikin kenyang tiada kira

      Hapus
  10. jujurly aku belum pernah icip laksa Bogor, tapi kalo liat penampakannya kok ya menggiurkan ya, apalagi dimakan saat musim penghujan seperti sekarang ini. wah mantap sih pasti

    BalasHapus
  11. bogor emang terkenal banget sama laksanya, kalo ke bogor molly belum pernah icip2 laksa, baru batagornya. next mau ke sini aza deh..

    BalasHapus
  12. Catet dulu tempat makan laksanya. Aku kyknya makan laksa pertama tu di Malaysia apa yaa, suka juga bumbu bersantan gitu. Moga2 yang di Bogor rasanya juga cucok :D
    Porsinya mayan gede yaaa cukup bikin perut kenyang tuuh :D TFS info dan reviewnya.

    BalasHapus
  13. Waduh aku jadi penasaran sama laksa, secara belum pernah merasakan menu itu. Apalagi laksa Mang Wahyu yang keliatannya enak banget yaaa.. huuu mupeng 😄

    BalasHapus
  14. Beberapa kali ke bogor malah belum oernah cobain Laksa Bogor. Wajib dicoba nih next kalau ke Bogor (gusti yeni)

    BalasHapus
  15. Noted,laksa Bogor Mang Wahyu...Kalau ke Surken suka bingung makan apa,soalnya jarang ke sini hihi. Jadi kadang asal mampir aja. Siap lain kali ke sini cobain laksanya

    BalasHapus
  16. Ahhh seruuu banget jalan2 kulineran SM temen2. Btw saya penasaran banget sm laksanya. Disini yg namanya laksa komposisinya gak begitu.

    BalasHapus
  17. Kawasan Surya Kencana di Bogor emang terkenal dengan beragam kuliner yang khas dan enak enak. Aku belum pernah nyobain laksanya gang Aut. Kapan kapan ya kalo pas aku di Bogor, kita janjian jajan ke surken

    BalasHapus
  18. Omg
    Baca ini langsung ngiler
    Aku dulu saat tinggal di Jakarta hobi banget makan laksa
    Sedihnya di Surabaya jarang banget yang jual laksa

    BalasHapus
  19. Seru pasti ya mba makan rame-rame dengan teman. Aku jadi pengen laksa ih.

    BalasHapus
  20. Melihat foto tapi terbayang rasa nikmatnya. Aduh duh jadi mupeng pengen nyobain juga Laksa Bogor nih. Kemarin ke Bogor belum sempat nyobain Laksa euy

    BalasHapus
  21. Aduh! Duh! Itu fotonya bikin ngiler. Kebayang gurihnya Laksa Bogor. Kapan-kapan kalau mampir ke Bogor, bisa nih singgal di sini.

    BalasHapus
  22. Harganya termasuk terjangkau, Mak. Dan kelihatannya memang enak bangett bikin nagih. Duh...bw malam² jdi lafaaar. Hahaha

    BalasHapus
  23. Bikin ngiler bangeeett nih laksanya. Jarang banget bisa makan laksa dan tidak begitu mudah untuk mendapatkannya di Semarang sini. Kalau ke Bogor kudu berburu laksa yang ada taburan kelapanya nih. Kebayang deh gurihnya.

    BalasHapus
  24. Jadi pengen icip-icip laksa Bogor-nya. Kayaknya enak banget, apalagi kalau jajannya rame-rame bareng teman. Makin asyikkkk

    BalasHapus
  25. Laksanya mantep banget. sesuai dengan bayangan saya akan semangkuk laksa. Jarang lho yang kayak gini

    BalasHapus
  26. Ini udh aku masukin dalam bucket list kalo ntr ke Bogor mba. Udh kliatan sih enaaaak 🤤🤤🤤😍. Apalagi aku juga suka Laksa. Makanya ngeliat Laksa Bogor gini langsung pengen ih. Selama ini kan nyobain ya cuma Laksa KL dan Laksa Penang yg kuahnya ikan banget 😅

    BalasHapus

Top Categories