Kemudahan BPJS Kesehataan Saat Libur Lebaran

 

Lebaran akan tiba, dan sudah menjadi tradisi di Indonesia bagi perantau akan pulang kampung atau mudik, seperti yang dilakukan kedua orangtua saya dulu. Alm Bapak asal Jawa Timur dan Ibu asal Jogya, setiap lebaran kami mudik. Kini meski orangtua saya di Jakarta, keluarga kecil saya tetap mudik ke rumah mertua di Jogja, kebetulan suami saya dari Jogja.




Bicara tentang mudik di hari lebaran, saya yakin sekali tradisi ini di Indoensia tetap berjalan hingga kini. Jangan lupa selain persiapan keuangan, perbekalan, kesehatan penting sekali untuk diperhatikan agar acara mudik berjalan lancar dan menyenangkan. Kebayangkan, kalau di hari yang indah, di rumah sanak saudara, tiba-tiba sakit atau kehabisan obat. Bisa runyam acara mudik dan lebarannya.

Nah, untuk masalah kesehatan ini tidak perlu dicemaskan meski dalam kondisi sedang mudik, karena BPJS Kesehatan tetap memberikan pelayanan bagi peserta JKN selama libur lebaran sebagai bentuk komitmen tanpa batas yang sesuai dengan prinsip portabilitas yang  telah diterapkan BPJS Kesehatan.

Penasaran dong, apa saja  bentuk pelayanan BPJS Kesehatan tersebut?

Layanan Program JKN Saat Libur Lebaran 2024


BPJS Kesehatan


Rabu, 20 Maret 2022, saya hadir di Konfrensi Pers dalam rangka sosialisasi “Layanan Program JKN Saat Libur Lebaran 2024, Mudik Aman Berkesan Bersama BPJS Kesehatan” yang diadakan di Hotel Aryaduta Menteng yang disertai acara buka bersama tentunya, karena sedang bulan Ramadan.

Dalam Konfrensi Pers tersebut selaku Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti menjelaskan prinsip portabilitas  tersebut diwujudkan dalam memberikan jaminan pelayanan kesehatan yang mudah, cepat, dan setara bagi peserta JKN di seluruh wilayah Indonesia. Jadi peserta yang  berada di luar wilayah tempat Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) terdaftar, dapat mengakses pelayanan rawat jalan di FKTP lain paling banyak 3 kali kunjungan dalam waktu satu bulan.




Tentu saja hal ini sangat mempermudah peserta JKN yang sedang mudik, dan harus menjalani rawat jalan. Tidak perlu cemas lagi jika sewaktu-waktu akan menebus obat ketika sedang mudik ke luar kota, yang terpenting membawa resep obat yang harus ditebus, dan juga pastikan BPJS Kesehatan dalam kondisi aktif.

Ketentuan Pelayanan Obat Program Rujuk Balik (PRB) dan Obat Kronis:

  • Waktu Pengambilan Obat, pengambilan obat PRB/obat kronis dapat disesuaikan menjadi lebih awal maksimal 7 hari kalender
  • Identitas Peserta, membawa resep obat PRB/kronis, identitas peserta JKN
  • Pengambilan Obat, pengambilan obat PRB/Obat kronis di daerah tujuan mudik di apotek kerjasama terdekat
  • Kemudahan Iterasi Obat Kronis, obat kronis dengan resep iterasi dapat langsung diambil di apotek/instalasi farmasi fasilitas kesehatan

Mekanisme Pengambilan Obat PRB di Daerah Tujuan Mudik:

  1. Peserta membawa Surat Rujuk Balik (SRB) dari FKTP awal
  2. Peserta mengunjungi FKTP di daerah tujuan mudik
  3. Peserta menunjukkan SRB ke petugas FKTP
  4. Peserta memperoleh obat PRB

Layanan lainnya, BPJS juga menyediakan berbagai kanal layanan seperti pelayanan piket di kantor cabang yang beroperasi dari pukul 08.00 hingga 12.00 waktu setempat. Begitu pun dengan Pelayanan Administrasi melalu WhatsApp (PANDAWA), dan Aplikasi Mobile JKN. Layanan yang disediakan bagi peserta JKN mencakup layanan informasi, layanan administrasi, dan layanan pengaduan. Serta bisa juga menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 165 untuk pencarian informasi fasilitas terdekat bagi yang melakukan perjalanan mudik.

BPJS Kesehatan juga menyiapkan Posko Mudik mulai tanggal 5 hingga 9 April 2024 dengan lokasi yang tersebar di beberapa titik strategis seperti :

  1. Terminal Pulo Gadung di Jakarta Timur
  2. Pelabuhan Merak di Banten
  3. Rest Area Tol Travey KM 88A Di Purwakarta
  4. Rest Area Tol Palikanci KM 207A di Cirebon
  5. Rest Area Tol Ugaran KM 429A Di Kabupaten Semarang
  6. Terminal Purabaya di Sidoarjo
  7. Pelabuhan Soekarno-Hatta di Kota Makassar. 

Kalian tahu tidak, untuk pelayanan kesehatan di posko-posko tersebut cukup  lengkap loh, bahkan sangat membantu sekali bagi pemudik yang memang dalam kondisi tertentu, dan membutuhkan pelayanan kesehatan dalam perjalanan.

Berikut ini pelayanan kesehatan di posko-posko BPJS Kesehatan:

  • Konsultasi kesehatan
  • Fasilitas relaksasi bagi pemudik
  • Pemeriksaaan kesehatan
  • Penyediaan obat-obatan
  • Tindakan sederhana darurat

Ghufron Mukti berharap dengan pelayanan tersebut, masyarakat dapat merasakan kemudahan dan kenyamanan dalam mengakses layanan kesehatan selama periode libur lebaran tahun ini. Bahkan Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan BPJS Kesehatan, Lily Kresnowati menjelaskan kalau BPJS Kesehatan telah menerapkan janji layanan JKN di fasilitas kesehatan, yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dalam rangka Transformasi Mutu Layanan.

Janji Layanan JKN

  1. Janji layanan JKN yang disebutkan Lily Kresnowati adalah sebagai berikut:
  2. Berobat cukup menunjukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) di Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Tidak perlu fotocopy berkas kartu JKN/KTP/KK saat mengakses layanan di fasilitas kesehatan
  4. Tidak biaya tambahan saat berobat sesuai prosedur
  5. Tidak ada pembatasan hari rawat inap bagi pasien JKN
  6. Fasilitas kesehatan wajib memastikan ketersediaan obat dan tidak membebani peserta mencari obat jika terjadi kekosongan obat

Sangat membantu sekali bukan, layanan BPJS Kesehatan di saat libur lebaran ini. So, kalian tetap jaga kesehatan ya, agar perjalanan mudik dapat dilewati dengan lancar. Selamat mudik!

You Might Also Like

5 komentar

  1. walaupun libur lebaran, tapi hati tetap tenang karena layanan kesehatan menggunakan BPJS tetap buka ya mba, jadi ga takut ada apa2 lagi sewaktu libur panjang

    BalasHapus
  2. terima kasih ya mba.. penting ini untuk tau apakah berbagai layanan kesehatan ini bisa kita akses saat kita melakukan perjalanan ya mba. Yang penting kelengkapannya dipastikan ya..

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah, BPJS Kesehatan mengakomodir kebutuhan obat pasien rawat jalan selama mudik lebaran.
    Semoga ke depannya pelayanan dari BPJS semakin baik lagi, mislanya cukup dengan menunjukkan kartu BPJS sudah terkoneksi dengan informasi tentang keperluan obat dan perawatan melalui rumah sakit rujukan di seluruh Indonesia.

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah sistem JLN semakin praktis nggak ribet harus nunjukin kartu cukup no KTP aja udah bisa berobat semoga kedepannya sistem ya semakin baik dan memudahkan masyarakat

    BalasHapus
  5. Pengennya tetap sehat selama mudik Lebaran, ya. Tapi, kan, terkadan ada situasi di luar dugaan. Program JKN ini bagus, deh. Bisa menambah rasa aman dan nyaman para pemudik.

    BalasHapus

Top Categories