Resep Simpel Ramen Ala Jepang

 


Meski ramen bukan makanan khas Indonesia tapi karena di sini cukup familiar dan harga termasuk terjangkau. Maka makan ramen pun serasa makan makanan khas negara sendiri, apalagi ramen bahan utamanya mie yang sehari-hari akrab di lidah orang Indonesia, banyak juga di jual di resto-resto kecil.

Sebenarnya ramen alias mie kuah ini merupakan hidangan khas Cina, tapi jadi sangat terkenal di Jepang. Bahkan ramen sudah menjadi makanan tradisional khas Jepang loh.Ayo, kalian sendiri tahu ramen itu makanan khas mana? Jujur ya, kalau saya mengira dari Jepang yang diperkuat di film Naruto, hehehe. Naruto kan paling favorit makan ramen.


Jenis-Jenis Ramen


Ramen ini beragam jenisnya, kalau tidak salah ada 4 jenis yaitu shio, miso, tonkotsu, dan shoyu. Keempatnya sih menurut saya sama enak, hanya perbedaannya ada yang lebih terasa asin, gurih, dan ada yang manis. Seperti miso yang banyak digemari orang Indonesia, kuahnya terasa gurih dan manis.

Tapi kali ini saya akan memberikan resep ramen shoyu, jenis ramen yang memiliki rasa cenderung gurih dengan citra rasa sedikit asin. Selain miso, ramen shoyu juga banyak digemari. Apalagi disantap saat musim hujan seperti Februari ini, benar-benar lezat dan juga menyehatkan. Cocok buat yang sedang tidak fit, sedang flu, kuahnya yang merupakan kaldu ayam menyehatkan tubuh. Termasuk bumbu yang menyertainya.


Resep Simpel Ramen Shoyu


Karena saya tergolong suka yang masak simpel-simpel saja, jadi masakan ala Jepang ini cocok banget. Bumbu utamanya bisa beli, hehehe. Bebas sih beli merek apa saja, kalau saya kebetulan pakai merek Warasa. Saya beli di salah satu ecommerce, harganya sekitar 15 ribu, bisa untuk dua porsi mangkuk besar.

Dan, resep yang saya buat ini untuk satu porsi ya, tapi saya makan bareng anak saya cukup kenyang loh, karena memang untuk porsi besar.

Isian/Topping :

Sawi hijau, rebus setengah matang, sisihkan
1 butir telur rebus, kupas dan belah 2
Daging ayam suwir (pilih dada) secukupnya sesuai selera
Nori
Mie basah untuk 1 porsi besar,  rebus , dan sisihkan (untuk mie bisa pakai pasta yang jenis tipis dan kecil)

Catatan: Tata semua isian dan toping dalam wadah (kecuali nori dan daging ayam ya), sisihkan


Bumbu :

2 siung bawang putih, geprek&rajang
1/2 bawang bombay dirajang
Sepotong kecil jahe, kupas dan rajang

Kuah Ramen :

Tumis bumbu hingga harum
Masukkan air untuk 1 porsi, 150ml
Masukkan ayam suwir, aduk-aduk
Masukkan bumbu ramen instan
Aduk-aduk hingga ayam matang dan air mengental

Masukkan kuah Ramen ke wadah berisi isian dan topping, jangan lupa sajikan bersama nori. RAMEN SHOYU siap DISANTAP SELAGI HANGAT. Kalau dihitung-hitung harga dengan ramen beli di restoran memang tidak jauh beda ya, tapi sebenarnya lebih puas bikin sendiri karena isian atau toppingnya bisa lebih banyak. Apalagi kalau bikinnya banyak, jelas lebih hemat ya.

 

You Might Also Like

1 komentar

  1. Samaaaa aku pun sukaa bgt ramen. Eh btw mba, rajang itu diapain ya mksudnya?

    Rata2 semua jenis ramen aku pasti suka, kecuali tonkotsu , Krn itu dari kaldu babi

    Malah dibanding udon, aku lebih suka ramen. Krn ga terlalu hambar dan lebih kaya rasa. Belum pernah coba sih mba bikin sendiri . Tapi jadi pengen juga. Enaknya kalo bikin sendiri memang bisa banyakin topping 😄

    BalasHapus

Top Categories